Kamis, 25 Oktober 2012

SBD Pertemuan 5 : Transformasi Model Data

ERD direpresentasikan menjadi sebuah basis data secara fisik. Komponen ERD ditransformasikan menjadi tabel yang merupakan komponen utama pembentuk basis data. Atribut yang melekat pada masing - masing himpunan entitas dan relasi akan dinyatakan sebagai field dari tabel yang sesuai.

Transformasi Dasar
Setiap himpunan entitas akan diimplementasikan sebagai sebuah tabel.
Relasi dengan derajat Relasi 1-1 yang mebghubungkan 2 buah himpunan entitas yang direpresentasikan dlam bentuk penambahan atribut - atribut relasi ke tabel yang mewakili salah satu dari kedua himpunan entitas. 
Relasi dengan derajat relasi 1-N yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas juga akan direpresentasikan dalam bentuk pemberian atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 ke tabel yang mewakili himpunan entitas berderajat N. Atribut key dari himpunan berderajat 1 menjadi atribut tambahan bagi himpunan entitas berderajat N. 




Relasi dengan derajat relasi N-N yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas, diwujudkan dalam bentuk tabel khusus yang memiliki field yang berasal dari key - key dari himpunan entitas yang dihubungkannya.

Implementasi Himpunan Entitas Lemaah dan Sub Entitas
Penggunaan himpunan Entitas Lemah dan Sub Entitas dalam diagram ER diimplementasikan dalam bentuk tabel sebagaimana himpunan entitas kuat.
Bedanya, jika himpunan Entitas Kuat sudah dapat langsung menjadi sebuah tabel sempurna walaupun tanpa melihat relasinya dengan himpunan entitas lain. Maka himpunan entitas lemah hanya dapat ditransformasikan menjadi sebuah tabel dengan menyertakan pula atribut key dari hasil implementasi himpunan entitas lemah.


Implementasi Himpunan Entitas Lemah

  
  

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.